Selasa, 24 Mei 2016

MANFAAT WEBGIS SECARA GARIS BESAR


Secara garis besar WebGIS merupakan pengembangan dari aplikasi GIS berbasis web, sudah banyak manfaat yang dirasakan oleh pengguna terutama informasi yang dibutuhkan. Sebagai contoh ketika terjadi Tsunami di Aceh bukti kehebatannya baru dapat kita analisa jika sudah ditampilkan kedalam bentuk peta. Gambar tersebut dapat memberikan banyak arti dan informasi lebih jika dilengkapi dengan data-data yang akurat. Nah informasi tersebut sangat berguna bagi masyarakat yang ingin mengetahui dampaknya lewat WebGIS.

Secara garis besar WebGIS berisi database yang berupa data jaringan jalan, fasilitas transportasi, saluran pemutusan, sarana pemadam kebakaran, sarana bangunan dan sebagainya. Data-data tersebut ditampilkan dalam bentuk map atau sebuah peta, dengan koordinat-koordinat tertentu yang berisi informasi bermanfaat.

Berikut beberapa Manfaat dari WebGIS antara lain:

  1. Tersedianya peta atau informasi yang berbasis WebGIS yang tersusun dengan baik, akurat, mudah dibaca, dan mudah dimengerti oleh awam sekalipun, baik berupa data maupun peta skematik.
  2. Mendukung perencanaan makro jaringan jalan, transportasi, sistem drainase, sarana dan prasarana pemadam kebakaran di Kota Surabaya, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  3. Mengembangkan peta digital yang canggih berbasis WebGIS untuk mempermudah pengguna mengakses pencarian data dan informasi tentang jaringan jalan, fasilitas-fasilitas transformasi umum dan lain-lain dengan mudah dan cepat.
  4. Menganalisa data dan membuat mekanisme yang sesuai serta dapat diterapkan
Lanjutan PENGERTIAN APLIKASI GIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar