Selasa, 24 Mei 2016

MENGENAL WEBGIS DAN KEGUNAANYA



Apa itu webGIS?
Sebagai Sistem informasi, webGIS berfungsi utama untuk memberi informasi. Informasi Apa? Informasi geografis dan sifat di dalamnya. Lo & Yeung mendefinisikan GIS  sebagai suatu sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menampilkan data informasi bergeoreferensi. Dengan tambahan web- di depannya, mengindikasikan media yang dipakai untuk menampilkan informasi ini berada pada media online.

Apa kegunaan webGIS?
Kegunaan webGIS sangat banyak, salah satu yang utama adalah interoperability data spasial sangat efektif. Data dapat dipindahtangankan dengan cepat, semua pengguna dapat memanipulasinya secara realtime dan semua tim berada pada projek yang sama.
Berikut beberapa kegunaan webGIS diantaranya :
  • Aplikasi webGIS masuk dalam segala perspektif usaha; baik engineering, science, dan bisnis
  • Mermudahkan dalam melihat gambaran besar suatu permasalahan dengan melihat berbagai skala.
  • Semua orang dapat terlibat menggunakan aplikasi ini, baik untuk melihat, menambah, atau mengubah informasi yang ada.
Apa dulu yang dipelajari untuk tahu webGIS?
Pelajari gambaran umum mengenai arsitektur webGIS. Apa saja yang membentuk webGIS. Apa saja sistem, hardware, software, skill, yang dibutuhkan dalam membentuk webGIS.




Seperti nama depannya, web-, sistem informasi ini berjalan dengan perantara media online. Dalam arsitektur media online ada istilah yang dikenal sebagai client dan server.Komputer pengguna, seperti kita-kita disebut client, dan komputer sistem pembuat/ developer disebut server. Contohnya bila kita buka twitter, facebook, anda menggunakan browser yang ke depan disebut web-client. Saat anda mengetikkan alamat website pada kolom URL di browser favorit anda, anda mengirimkan perintah kepada server untuk menampilkan halaman website. Perintah itu ditulis dalam bahasa URL. Setelah sejumlah proses rumit di dalamnya, si server balik lagi ke web-client dan mengirim file yang anda mau dalam bentuk HTML.
Dalam contoh gambar di atas, bukan hanya informasi tekstual yang kita minta namun informasi peta. Web-client meminta peta ke server, lalu kemudian di tangkap oleh Super Gate yang bernama Server Web. Server Web ini adalah muara yang gueede sekali dimana semua website akan berada disitu. Karena informasi anda bukan informasi biasa, dia teruskan ke pada Server Aplikasi (bisa berupa Postgre/PostGIS CGI atau ArcGIS Server). Di dalam server aplikasi ini data yang anda mau dicari di bagian map server (bunker penyimpanan basis data spasial). Setelah ketemu kemudian dibalikin lagi dengan arah runtutan yang sama.

Apa saja contoh webGIS yang beredar saat ini?
Seperti yang dibilang sebelumnya, webGIS saat ini masuk ke dalam semua lini usaha diantaranya :
1.  webGIS untuk mengoptimlkan penggunaan jalan raya. 



2. webGIS untuk mengkoordinasikan utilitas bawah tanah dan utitlitas infrastruktur lainnnya 



3. webGIS untuk koordinasi kependukakan di pemerintah daerah.




Untuk konsep WEBGIS dapat dibaca di artikel selanjutnya KONSEP DASAR WEBGIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar