Selasa, 24 Mei 2016

MEMBUAT WEBGIS TANPA CODING DENGAN MAPBOX



Mapbox adalah salah satu penyedia peta kustom terbesar di situs-situs ternama seperti Foursquare, Pinterest, Evernote, Financial Times, dan Uber Technologies. Mapbox diciptakan untuk mengisi keterbatasan yang dimiliki penyedia peta seperti Google Maps. Mapbox diciptakan dengan sejumlah pustaka yang merupakan peta bebas, misalnya MBTiles, kartografi TileMill IDE, pustaka JavaScript Leaflet, dan sebagainya.

Untuk anda yang ingin membangun sistem informasi (WebGIS) tetapi tidak mengerti koding dapat menggunakan Mapbox. Keberadaan situs Mapbox menjadi penyedia layanan pemetaan dapat mempermudah bagi orang awam sekalipun. Cukup dengan registrasi di www.mapbox.com dapatkan pelayanan hosting data spasial baik free maupun purchase, fitur on-screen digitizing, dan sharing data.

Berikut cara menyajikan peta yang mudah dengan Mapbox,

  • Klik Try it for free untuk mencoba. Silahkan Sign Up untuk new user


  • Pilih New Project untuk membuat dokumen baru

  • Pertama kali masuk, pilihlah basemap yang akan digunakan

  • Lalu, tentukan pula apakah anda ingin membuat peta dengan on-screen digitizing atau tinggal meng-upload data vektor yang telah anda miliki.
  • Klik import jika anda memilih untuk meng-upload. Format yang disupport diantaranya ; kml, csv, json, dan gpx.

  • Klik Marker, Line, atau Polygon jika anda ingin melakukan dijitasi on-screen.



  • Bagian bawah terdapat menu fill, stroke, style, title, description dan sebagainya. Silahkan eksplorasi lebih dalam untuk mempercantik tampilan feature.

  • Klik tombol Save hingga berubah statusnya menjadi Saved. Lalu menuju ke menu Project dimana anda akan menemukan pilihan untuk sharing peta.

  • Gunakan metode embed jika ingin menambahkan peta ke dalam website anda menggunakan code iframe. Hasil akhirnya akan tampak seperti berikut ;


Selesai sudah pembuatan WebGIS dengan Mapbox, semoga tutorial diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga Artikel Lainnya WebGIS Server Dengan Dojo

2 komentar:

  1. Terima kasih untuk informasinya. Aplikasi ini sangat cocok untuk umum yang belum terlalu tahu bagaimana membuat Web GIS dan saya baru tahu kalau ada aplikasi seperti untuk membuat web GIS tanpa coding.


    silahkan mengunjungi website saya di: https://leor.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya di: http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus